Sabtu, 23 Maret 2013

Sulawesi Utara


           Ane punya cerita ini kawan,,dari kawasan timur Indonesia nie.Beberapa waktu yang lalu teman SD ku ada yang tinggal disana bersama suaminya,nha aku ada ide agar dia mau menceritakan apa saja hal-hal menarik disana,dan dia kirim lewat e-mail ini nie...sebagai bahan nanti klo temen2 ada yang berminat untuk membantu atau berbagi ilmu BK kesana...mari kita simak yak :-D
Arigato ne bwt temennku Mbak Arini M hehe...

Aku tunggu lho cerita-cerita selanjutnya hehehehe 


SULAWESI UTARA
     Negara Kesatuan Republik Indonesia memang negara yang sangat kaya akan kebudayaan yang tersebar di seluruh ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Papua. Semakin kita mengenalnya maka semakin kita meyakini bahwa kekayaan ini adalah kebanggaan kita bersama sebagai banga Indonesia. Salah satu daerah yang turut memperkaya alam dan budaya Indonesia adalah Sulawesi Utara. Provinsi ini terletak di paling ujung Utara pulau Sulawesi dan beribu kota Manado.

         Secara bentangan alamnya Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sangat indah sebagai bukti Maha Karya Sang Pencipta. Daerah ini sebagian besar diselimuti oleh pegunungan dan dataran tinggi, sehingga pusat peradaban dan aktivitas masyarakatnya terpusat di dataran rendah yang membentang di pinggir pantai utara. Seperti ibu kotanya, Manado, juga terletak di daerah tepi pantai dengan keramain kotanya yang sangat eksotis karena menghadap ke pantai, yaitu Laut Sulawesi. Banyak gedung pemerintahan, pusat perbelanjaan, dan berbagai fasilitas wisata yang dibangun di pinggir pantai sebagai daya tarik tersendiri bagi kota ini. Ditambah lagi daerah ini juga menyediakan banyak tempat wisata, sebagai contohnya yang sudah terkenal adalah Taman Laut Bunaken. Selain itu masih banyak wisata air yang menjanjikan keindahan bagi wisatawan. Akan tetapi ada juga masyarakat yang mendiami daerah pegunungan dan membentuk komunitas yang besar pula sehingga ada kota-kota kabupaten yang mulai ramai akibat dari pemekaran daerah. Selain wisata pantai dan laut Provinsi Sulawesi Utara juga memiliki sumber daya wisata danau Tondano, pegunungan Bukit Kasih, dan masih banyak lagi. Jalan utama yang menghubungkan Manado dengan Provinsi Gorontalo (jalan trans Sulawesi) dibangun mengikuti jalur pantai utara sehingga pemandangan pegunungan sekaligus pantai tersaji indah di sepanjang perjalanan. 

       Sebagaimana masyarakat Indonesia pada umumnya yang mengikuti budaya ketimuran, masyarakat Sulawesi Utara juga memiliki karakter yang ramah, walaupun tingkat dan bentuk keramahannya berbeda dengan daerah lain. Karakter orang Sulut juga dipengaruhi oleh latar belakang budaya yang melekat di sini. Misalnya dipengaruhi oleh agama, ras/keturunan, dan golongan. Yang pertama, sifat masyarakat sini adalah kalau berbicara lebih keras dan tegas. Bahasa yang digunakan juga sudah bukan bahasa asli daerah, sudah banyak tercampuri bahasa Indonesia walaupun ada penyesuaian di sana sini, jadi kalau kita mendengarkan bahasa mereka tidak akan sulit memahami maksudnya. Orang Sulut cenderung lebih terus terang, blak-blakan dan apa adanya. Sedangkan gaya hidup mereka sudah banyak tercampuri budaya barat, seiring dengan mayoritas agama mereka yaitu nasrani. Mulai dari fashion, makanan, dan pernak pernik di dalam rumah semuanya serba modern. Mungkin karena mereka kurang diikiat oleh budaya yang kurang mendominasi masyarakatnya sendiri. Jadi budaya baratlah yang banyak diperankan oleh masyarakat sini, seperti suasana pernikahan tidak ada unsure-unsur budayanya (baju adat misalnya, mereka tidak punya baju adat yang khas). Selain itu saya tidak menemukan music dan alat music khas, tari daerah, dan unsure-unsur budaya yang di daerah lain sungguh sangat banyak, di sini semuanya berkiblat pada budaya barat. Mungkin hanya sebagian kecil saja yang menunjukkan cirri khas sini, misalnya yang sangat terkenal adalah bubur manado. 

        Secara kualitas SDM-nya dalam hal profesi, masyarakat di sini juga menempati berbagai lini ekonomi. Yang hidup di dekat pantai sebagian besar mereka adalah nelayan, sedangkan yang lain banyak yang bekerja di kebun, menjadi petani kelapa sebagai komoditas utama daerah ini. Tetapi untuk urusan kreatifitas bisa dikatakan kurang, dibuktikan dengan kurang beranekaragamannya berbagai bentuk kerajinan yang sebenarnya bisa digali dari hasil buminya…….insya Alloh to be continued ya…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar