Sabtu, 13 April 2013

27 Mei 2006 Ganbareba dekiru yoo !!! Bila berusaha Pasti Bisa !!!!

        

   



      Ada peristiwa apa dengan tanggal 27 Mei 2006 ? Bukan bermaksud mengingatkan akan trauma yang ditimbulkan dari peristiwa itu, karena Aku sendiri juga mengalami peristiwa itu. Ya...gempa di pagi hari yang membuat kita semua berteriak Allahu Akbar bahwa Allah Maha Besar. Allah memberikan hikmah kepada ummat-Nya melalui berbagai ujian, agar kita kembali sadar bahwa tak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah.Yang terpenting bukan itu yang ingin Aku ceritakan disini, karena waktu itu akupun mengalami trauma, Bantul dan warganya saat itu cepat bangkit dan menata kembali kehidupannya,termasuk aku.
Semengat untuk bangkit begitu kuat, kita semua sadar mungkin itu cara Tuhan menegur kami agar meninggalkan berbagai larangan-Nya.
       Dua bulan setelah peristiwa itu kisaran bulan Juli ada informasi dari sahabat, bahwa pemda wilayah Yogyakarta membuka kesempatan kepada putra-putra terbaiknya untuk magang ke negeri Sakura.
Dengan bekal percaya diri, dan basic pendidikan teknik mesin, proses regristasi dan rekruitment Aku ikuti, apalagi Alhamdulillah untuk putra daerah mendapatkan prioritas utama. Ada 600 an yang mendaftarkan diri atau yang memasukkan formulir pendaftaran. Dan yang sampai akhir seleksi hanya 72 yang lolos....dan terbang ke Jepang tinggal 60.yang 5 masih Taekisha / menunggu penempatan, Yang 7 ada yang mengundurkan diri dan gagal dalam tes bahasa Jepang.
         Sambil membantu membersihkan puing-puing rumah Bu dhe yang rusak berat karena gempa, aku mulai berlatih fisik setiap pagi lari pagi, push up, shit up dan renang..Wuuaa ini semacam seperti mendaftar jadi prajurit TNI saja pikirku. Memang sie karena pendidikan yang Aku terima nanti semi militer, sebagai bekal karena cuaca di Negeri Sakura sana sangat ekstrim ceritanya.
Pada saat rekruitment atau seleksi menggunakan sistem gugur, tes pertama adalah fisik meliputi lari mengelilingi lapangan Kridosono sebanyak 3 kali, push up 32 kali dan shit up 32 kali juga,,waw,,,,Yang ngetes langsung orang Jepang, macam romusha saja ini ( # emang pernah ngrasaaiin romusha kamu , Ko hahaha :-D ) Alhamdulillah saya lolos, ada juga yg langsung gugur,karena gak kuat, badan kegedean jadi berat mungkin ya..
         Tes seleksi kedua adalah tes wawancara, ketiga tes matematika dan psikotes, dan yang terakhir yaitu tes medical chek up...dannnnn Alhamdulillah semua lancar.
Bulan September mengikuti pendidikan awal dan di karantina selama sebulan di Wisma Melati Jogja, Setiap pagi dengan potongan rambut gundul macam prajurit mulai dari jam 6 sampai jam 7 kita di gembleng fisiknya,,sampai-sampai ada yang mengira kami ini calon2 prajurit..ya prajurit devisa bagi negara hahaha :-D karena walau pun kami magang disana, negara juga kebagian devisanya. Kami di plonco abis-abisan, salah kena hukuman, tentor kami memng dari militer beneran dan dari senior yang sudah kerja sama dengan IMM Japan ( # iki lembaga yang mengurusi kami peserta magang ). Alasannya untuk membentuk mental blog kami, agar sama dengan orang Jp,, ya benar memang....
Selesai mandi dan sarapan kami harus ganti baju putih lengan panjang, memakai dasi dan buku bahasa Jepang untuk masuk ke kelas. Pelajaran bahasa , pengenalan budaya Jepang dll mulai jam 08.00 s/d jam 17.00 sore. Kami di PR untuk dikerjakan malam harinya,,kami diawasi 24 jam penuh, apabila tak mengerjakan PR/ shukudai kami kena hukuman.....
          Pas di karantina ini adekku semata wayang wisuda dan aku tak bisa hadir, gak di ajak makan-makan pula, wuaaa teganya....teganyaaa.... sungguh tega # hanya kebagian cerita doang jyannnn,,bsk aku juga harus di wisuda.batinku waktu itu.( Suatu saat nanti benar Eko Warno Chan akan melanjutkan kuliah setelah pulang dari Jepang )
Satu bulan selesai, kami di beri tes seleksi lagi,,,dan ada 1 yang gugur, kasihan juga sie, padahal aku sudah membantu memberikan privat kepadanya, karena aku dianggap punya prestasi oleh Sensei ( Guru/Tentor Pembimbing Bahasa )....(# cieee nyombong dikit ).

          Eits......... ada cerita seru sebelum hari terakhir pendidikan satu bulan itu,,,begini ceritanya  :

         Teman saya memang ada yang kebetulan hari itu ulang tahun, nha dari tentor kami ada laporan kalau dompet teman satu kamarnya ada yang hilang (# ini sudah disiapkan kalau temannya suruh ngaku iya kehilangan). Dan kontan saja, kami semua di interogasi habis-habisan. Kami ketakutan dan diam tak gerak apa2, karena konskuensinya kami semua gagal dan kehilangan kesempatan untuk magang ke Jepang, kalau tak ada yang ngaku. Kami di suruh keluar semua, baris dengan rapi, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 10 malam, kami capek, nagntuk, belum juga mengemasi barang-barang untuk pulang keesokan harinya. Kami tak ada satupun yang mengaku, karena memang tak melakukan perbuatan itu. 
          Kami semua di hukum dengan di suruh jalan sambil tangan di atas dan jongkok, belum sampai dis itu saja, kami di suruh push up, shit up dan skuat jam, sakit sampai kaki ini.
Wajah kami kalau di amati satu2 penuh dengan ketakutan, seperti prajurit yang melakukan kesalahan berat, wajah kami pucat pasi, ada yang sampai hampir nangis, perutnya kram ( hahaha gara2 ini sampai2 dia kami sebut si kram sampai skg hahaha :-D ) ..Padahal Aku juga pernah kram hehehe sakit banget perutnya untuk shit up... 
         Kebayang kan gimana malam itu suasananya seperti apa....akhirnya beberpa teman kami diminta menggeledah kamar temannku itu dan menemukan dompetnya di tas milik teman yang sedang ulang tahun...Dia lalu dipanggil ke depan,,,dan mendapat hukuman. Apakah hukuman itu hanya untuk dia saja, ooooo tentu tidak, kami semua mendapat hukuman.
            Dan ketika kami sedang mendapatkan hukuman seperti romusha ( # haha lagi2 romusha ) kami semua kaget , karena tiba-tiba kami di guyur dengan air dan para pembina menyanyikan lagu selamat ulang tahun...hahahaha asyemmmmmmmmm...
Kami lalu di minta mengucapkan selamat kepada teman kami yang ulang tahun itu dan berdo'a bersama untuk kesuksesan kita semua....( # untung gak ada yg masuk angin..jyannnnn tapi seru hahaha :-D )
Keesokan harinya kami pulang ke rumah masing-masing...eits itu baru awal pendidikan...masih ada 4 bulan pendidikan pusat,, walaupun di bagi 2 bulan di SMU Berbudi Jogja, dan 2 bulan di Lembang, Jawa Barat...
Okeyyy itu dulu ya...awal dari kebangkitan 27 Mei 2006.....

Minna San ..Yoku Ganbatte Kudasai Ne...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar